TIP NAIK PANGKAT CEPAT BAGI GURU

Beberapa tahun terakhir ini seringkali kita temui berita baik dari media online maupun di sosial media bahwa untuk kenaikan pangkat otomatis bagi guru. Tidak kita pungkiri, sebenarnya berita tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan guru, tetapi sayangnya berita tersebut tidak benar atau diragukan kebenarannya. Apalagi setelah BKN mengeluarkan prosedur kenaikan pangkat otomatis, sekali lagi sayang bukan diperuntukkan untuk guru.

Sebenarnya masalah kenaikan pangkat khususnya guru tidak begitu rumit jika seorang guru betul-betul memahami peraturan-peraturan yang berkaitan dengan kepangkatan guru dan aturan ataupun syarat yang berlaku untuk kenaikan pangkat guru.

Menurut pendapat penulis, sebenarnya dengan aturan kenaikan pangkat guru yang berlaku  saat ini, sebenarnya guru sangat diuntungkan dan memang berdasarkan aturan yang berlaku saat ini sebenarnya menuntut guru yang aktif dan kreatif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

Masalah-masalah yang sering muncul dari guru-guru yang beranggapan naik pangkat bagi guru itu sulit karena kebentur pada syarat kenaikan pangkat pada unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang didalamnya terdapat pengembangan diri maupun Karya ilmiah / karya inovatif.

Masalah yang muncul dari unsur yang diterangkan diatas sebagian guru menganggap dan berpikir bahwa khusus pada unsur karya ilmiah / karya inovatif harus berbentuk penelitian. Memang pada syarat pada jenjang kepangkatan tertentu disyaratkan harus ada laporan penelitian misalnya dari III d ke IV a atau dari IV a ke IV b.

Bagi guru yang belum berada pada tahap kepangkatan tesebut atau dibawah III d, sebenarnya banyak yang dapat dilakukan agar dapat memenuhi syarat dari unsur tersebut dan jangan berpikiran harus penelitian, khususnya dan dapat menunjang tugas guru seperti membuat modul, diktat, alat peraga dan lain sebagainya.

Solusi agar dapat naik pangkat guru sesuai waktunya menurut penulis dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Pelajari dan pahami aturan tentang kenaikan pangkat guru.
  2. Pelajari dan pahami aturan tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, khususnya jenis-jenis PKB dan angka kreditnya.
  3. Usahakan setiap semester membuat miniml satu jenis bentuk yang termasuk dalam unsur karya ilmiah / karya inovatif seperti yang diuraikan dalam buku pedoman PKB dengan nilai angka kredit minimal 1.
  4. Usahakan aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri baik melalui pelatihan / workshop / kegiatan kolektif guru pada setiap tahunnya.

Demikian solusi atau tip agar cepat naik pangkat guru cepat.

 

Tinggalkan komentar