Karakter Kerja Umun yang perlu diterapkan di SMK

Karakter kerja adalah nilai-nilai dasar kerja yang merupakan saripati kualitas rohaniah kerja seseorang yang dimensinya meliputi intrapersonal dan interpersonal kerja.

Berikut ini karakter kerja umum yang oerlu diterapkan di SMK, antara lain :

1. Disiplin

Bekerja di DUDI membutuhkan disiplin tinggi. Datang ke tempat kerja harus tepat waktu dan pulang pun setelah selesainya jam kerja. Bekerja harus sesuai dengan SOP.

2. Kerja Keras

Bekerja di DUDI membutuhkan kerja keras karena selalu mengejar target. Bahkan seringkali harus kerja lembur karena ada pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan segera, tidak ditunda-tunda.

3. Jujur

DUDI memberhentikan pekerja seringkali karena faktor ketidak jujuran, bukan karena keahliannya kurang. Masalah penguasaan vokasi dapat dilatihkan.

4. Bertanggung jawab

Setiap pekerja harus bertanggung jawab terhadap proses dan hasil kerjanya. Pekerjaan harus dikerjakan sesuai ketentuan dan diselesaikan sesuai kriteria. Jika tidak sesuai pekerja harus bertanggung jawab memperbaikinya dan harus sanggup menanggung resiko.

5. Berjiwa Wirausaha

Sebagian keahlian bagi lulusan SMK membutuhkan karakter kerja berwirausaha, baik bidang-bidang yang tidak terserap oleh DUDI ataupun pekerjaan yang lebih menguntungkan dengan berwirausaha.
Misal, pekerjaan teknisi pendinginan dan tata udara, teknik komputer dan jaringan, teknik elektronika, hingga montir mobil dan sepeda motor, juga pekerjaan di bidang tata busana, tata boga, agro bisnis dan agro teknologi.

Sumber : Buku pemanfaatan sarana prasarana membentuk karakter kerja (Kemendikbud)

Tinggalkan komentar